Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Rekomendasi Model Plafon Gypsum Minimalis untuk Seluruh Ruangan di Rumah

Ardito Wahyu Octian
Kegunaan plafon gypsum adalah menjadikan rumah lebih lebih tahan terhadap cuaca (Foto: 123rf)
Kegunaan plafon gypsum adalah menjadikan rumah lebih lebih tahan terhadap cuaca (Foto: 123rf)

Bagian plafon atau langit-langit selalu menjadi perhatian para pemilik rumah. Tidak jarang penggunaan plafon gypsum menjadi pilihan banyak rumah mengingat harganya yang cukup terjangkau. Mencari model plafon gypsum yang bagus pun jadi aktivitas yang menyenangkan saat sedang membangun rumah.

Secara umum, kegunaan plafon gypsum adalah menjadikan rumah lebih lebih tahan terhadap cuaca. Namun, ada lebih banyak kegunaan yang bisa dihadirkan oleh plafon model gypsum. Kamu bisa mendapatkan tampilan interior rumah yang lebih menarik.

 

 

Mengenal Plafon Gypsum

Ada beberapa jenis plafon gypsum yang harus kamu kenali
Ada beberapa jenis plafon gypsum yang harus kamu kenali (Foto: 123rf)

 

Plafon gypsum adalah material dari kapur atau batuan sedimen yang mudah dibuat menjadi lembaran. Material ini memiliki tekstur permukaan yang halus dan rata. Berkat bahan bebatuan kapur, plafon gypsum sangat kuat terhadap api sekaligus cuaca dingin.

Hal ini membuat ruangan di dalam rumah lebih adem. Material ini pun cocok untuk rumah-rumah di wilayah tropis, seperti Indonesia. Terlebih lagi untuk rumah-rumah yang berada di wilayah panas, seperti Jakarta.

Penggunaan plafon gypsum pun bisa membantu meredam suara bising dari luar. Asalkan dipasang dengan baik dan tidak lembap, material gypsum di langit-langit pun mampu tahan dari serangan jamur. Kelebihan lain yang bisa didapatkan dari pemilihan material ini untuk langit-langit rumah adalah pemasangannya yang mudah dan cepat.

 

Baca juga: 9 Jenis Semen, Karakteristik, dan Fungsinya untuk Konstruksi

 

Model Plafon Gypsum

Inilah jenis-jenis plafon gypsum yang biasa digunakan
Inilah jenis-jenis plafon gypsum yang biasa digunakan (Foto: 123rf)

 

Berbeda model plafon, tentunya akan memberikan perbedaan juga pada suasana ruangan nantinya. Namun, kamu juga perlu menyesuaikan model plafon gypsum yang dipilih dalam setiap ruangannya. Berikut sejumlah rekomendasi model plafon gypsum minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Model plafon gypsum persegi panjang

Salah satu model yang paling banyak digunakan adalah plafon gypsum persegi panjang. Model ini bisa mengikuti bentuk ruangan dan menutupinya di setiap sisi. Kamu pun bisa mengaplikasikannya di ruang tengah, ruang tamu, hingga kamar tidur.

Plafon gypsum persegi panjang pun bisa ditambahkan bagian pencahayaan di setiap sisi-sisinya. Kamu pun bisa memasang lampu gantung di tengah untuk memberikan kesan mewah.

2. Model plafon gypsum kotak minimalis

Mirip dengan model persegi panjang, model ini memberikan plafon yang bertingkat dan menjorok ke bawah. Model gypsum kotak minimalis ini pun bisa jadi alternatif di banyak ruangan. Meskipun begitu, ada model ini paling sering dipakai untuk kamar tidur.

Bagian sisi plafon ini bisa ditambahkan penerangan untuk seluruh ruangan. Kamu pun bisa menambahkan lampu kecil di bagian plafonnya.

3. Model plafon gypsum motif melingkar

Model plafon lain yang bisa diterapkan di rumah adalah motif melingkar. Tampilan motif melingkar pun cocok untuk ruangan dengan berbagai desain. Kamu bisa menerapkan pada ruang tengah memanjang atau kotak.

Warna plafon pun bisa disesuaikan dengan dinding rumah supaya bisa jadi senada. Setiap lingkaran pun bisa diberikan lampu gantung. Dengan begitu, ruangan pun akan terasa mewah.

 

Baca juga: 10 Jenis Keramik yang Umum Dipakai pada Rumah dan Bangunan Lainnya

 

4. Model plafon gypsum kotak-kotak

Kamu bisa buat tampilan ruangan lebih unik dengan motif kotak-kotak. Tampilan kotak-kotak di langit-langit rumah pun memberikan kesan yang lebih minimalis. Dalam setiap motif kotaknya, kamu bisa memberikan penerangan atau bahan yang bisa menyala di dalam ruangan.

Dengan begitu, ruangan rumah pun bisa lebih mewah sekaligus unik. Motif ini bisa diaplikasikan untuk ruangan tengah untuk kumpul bersama keluarga.

5. Model plafon gypsum motif bunga

Ada juga gypsum yang bisa ditambahkan motif di bagian permukaannya. Motif yang paling sering digunakan adalah bunga karena mudah diaplikasikan ke interior ruangan.

Motif bunga yang diberikan pun akan sangat padat. Hal yang sama pun akan diaplikasikan ke bagian sambungan gymsumnya. Hal ini juga akan menambah kekuatan dari interiornya. Model plafon gypsum motif bunga akan lebih cocok diaplikasikan di ruangan pribadi, seperti kamar tidur atau ruangan kumpul keluarga.

6. Model plafon gypsum lukisan artistik

Memberikan nilai seni dalam ruangan pun bisa kamu lakukan dengan memilih motif gypsum polos. Nantinya, kamu bisa menambahkan lukisan atau gambar yang menarik. Biasanya, lukisan atau gambar yang dipilih akan dominan dengan warna biru, seperti awan atau pemandangan langit malam.

Nilai seni tinggi ini akan memberikan suasana nyaman saat kamu berada di dalam ruangan tersebut. Pilihlah juga ruangan terbaik untuk diaplikasikan motif artistik ini. Kamu bisa memulainya dengan ruang tengah atau ruang kumpul seluruh anggota keluarga.

7. Model plafon gypsum motif lingkaran besar

Beberapa rumah akan memiliki ruangan besar yang digunakan untuk segala aktivitas penghuni rumah. Nah, model plafon gypsum yang paling cocok digunakan adalah motif lingkaran besar. Dengan sebuah lingkaran besar, ruangan pun akan terasa lebih luas dan megah.

Langit-langit dalam ruangan pun akan terisi satu atau dua lapis lingkaran besar. Di bagian tengahnya, kamu bisa berikan lampu gantung dengan pilihan 5—7 jumlah lampu di sana. Jumlah lampu yang banyak akan membuat ruangan jadi jauh lebih terang.

8. Model plafon gypsum motif karakter animasi

Siapa bilang kamu tidak bisa berkreasi untuk ruangan pribadi? Beri sentuhan personal pada langit-langit kamar tidur dengan tampilan karakter animasi atau gambar apa pun. Sebagian besar orang akan membuat langit-langit motif ini untuk kamar anak.

Warna yang bisa dipilih pun bisa ditentukan sendiri. Kamu bisa memilih warna cerah, seperti merah, kuning, atau biru yang disesuaikan juga dengan dinding rumah. Dijamin anak-anak akan menyukai kamarnya.

9. Model plafon gypsum motif susun ruang

Kamu yang mau tampil artsy juga bisa memilih motif susun ruang ini untuk langit-langit rumah. Plafon ini bisa dijadikan bentuk persegi bermotif lepas atau bentuk siku di salah satu sudutnya. Bisa juga tampilan kotak tumpuk dengan siku di salah satu jenis ruangnya.

Setiap bentuknya pun bisa ditampilkan dengan pilihan warna berbeda. Jadi, kamu bisa berikan nuansa berbeda pada setiap ruangan.

 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Hebel untuk Tembok Rumah

 

10. Model plafon gypsum polos sederhana

Ada kalanya kamu ingin membuat tampilan ruangan yang sederhana dan minimalis. Kamu bisa memberikan motif polos untuk salah satu ruangan di rumah. Motif putih polos ini pun bisa diaplikasikan ke banyak ruangan, seperti ruang makan, ruang tamu, dan ruang tengah.

Selain itu, motif polos sederhana pun bisa disandingkan dengan berbagai warna cat dinding rumah. Kamu pun bisa bereksplorasi pada warna cat dindingnya.

 

 

Itu dia sejumlah model plafon gypsum yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Kamu bisa mulai mencari pilihan plafon rumah sekarang. Manfaatkan aplikasi BukaBangunan untuk dapatkan berbagai pilihan gypsum untuk dijadikan plafon rumah.

Aplikasi BukaBangunan pun memberikan harga terbaik dan promo menarik untuk kamu yang ingin membeli dalam jumlah banyak dan ingin memulai usaha toko bangunan. Adapun promo ongkos kirim untuk pengiriman ke banyak tempat. Kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menjadi distributor plafon gypsum dan berbagai material bangunan lainnya, loh.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Jenis dan Ukuran Gypsum Terlengkap yang Laris di Pasaran

Jenis dan Ukuran Gypsum Terlengkap yang Laris di Pasaran

20 September 2022

Rekomendasi Model Plafon Gypsum Minimalis untuk Seluruh Ruangan di Rumah

Rekomendasi Model Plafon Gypsum Minimalis untuk Seluruh Ruangan di Rumah

15 September 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it