Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Rekomendasi Lem Besi Terkuat untuk Menyambung Logam

Ardito Wahyu Octian
Lem besi bisa merekatkan kembali barang-barang bermaterial logam, alumunium, dan stainless steel (Foto: 123rf)
Lem besi bisa merekatkan kembali barang-barang bermaterial logam, alumunium, dan stainless steel (Foto: 123rf)

Logam merupakan salah satu material yang cukup banyak dijumpai di rumah. Namun, sekuat apa pun sambungan logam tetap ada kemungkinan untuk logam untuk terbelah atau patah. Di sini lah kamu butuh lem besi terkuat untuk memperbaikinya.

Lem besi bisa merekatkan kembali barang-barang bermaterial logam, alumunium, dan stainless steel. Untuk barang-barang kecil, kamu bisa memilih lem besi dengan ukuran kecil supaya bisa dipakai sekali habis. Namun, ada juga lem besi dengan harga jutaan rupiah untuk menyambungkan konstruksi bangunan.

 

 

Rekomendasi Lem Besi Terkuat

Rekomendasi lem terkuat
Rekomendasi lem terkuat (Foto: 123rf)

 

Setiap merk lem besi tentunya memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, harus diperhatikan saat menggunakannya karena lem besi mengandung bahan kimia yang keras. Berikut rekomendasi lem besi terkuat yang bisa kamu dapatkan di pasaran:

1. Lem Handsome Cyanoacrylate

Produk impor asal Taiwan ini punya daya rekat yang sangat kuat. Kamu bisa merekatkan material logam, kayu, gabus, hingga kulit. Di samping itu, produk lem ini sangat terjangkau dan mudah dijumpai di berbagai toko material.

Karena daya rekatnya sangat kuat, kamu perlu berhati-hati menggunakannya. Cairan lem ini bisa terkena kulit dan akan menimbulkan sensasi panas. Lem yang menempel di tangan pun akan sulit untuk dibersihkan.

2. Lem Besi Dextone Epoxy Adhesives

Merk Dextone menjadi salah satu pilihan lem besi terkuat yang bisa kamu pilih. Lem yang satu ini bisa dipakai untuk merekatkan besi, tembaga, kuningan, perunggu, dan logam lainnya. Bukan hanya itu, lem ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki keramik dan porselen.

Terdapat dua bagian lem, resin dan pengeras, yang perlu dicampur sebelum menggunakannya. Setelah diaplikasikan ke logam, lem ini akan menjaga kerekatannya lebih lama. Lem ini juga mampu bertahan pada suhu tinggi.

3. Lem Besi Loctite 401

Kamu bisa memanfaatkan lem besi Loctite 401 untuk membetulkan perabotan rumah berbahan besi supaya bisa digunakan kembali. Daya rekatnya pun sangat tinggi terlebih untuk bahan-bahan lain. Lem ini pun sangat cepat kering sehingga kamu bisa dapatkan hasilnya dalam waktu cepat.

Lem jenis ini pun sangat bening dan tidak menimbulkan bekas. Namun, daya tahan lem ini tidak cukup baik dalam kurun waktu yang panjang. Jadi, lem ini hanya digunakan untuk keadaan darurat saja agar barangnya bisa dipakai lagi.

4. Lem PU Polyurethane Kayu Besi Presto

Merk lem Presto pun cukup banyak dipakai untuk memperbaiki perabotan berbahan logam dan kayu. Kemampuan lemnya bisa masuk ke sela-sela material sehingga hasil kerekatannya pun menjadi lebih sempurna. Lem besi yang satu ini pun bisa tahan air untuk membuat hasilnya tidak basah lagi.

Sayangnya, tidak semua logam bisa mendapatkan kerekatan sempurna. Hanya besi berongga yang lebih cocok dengan lem ini. Jadi, perhatikan materialnya terlebih dulu sebelum memilih lem besi, ya.

 

Baca juga: 9 Jenis Semen, Karakteristik, dan Fungsinya untuk Konstruksi

 

5. Kenmaster Power Glue

Power glue sudah jadi pilihan untuk merekatkan dan membetulkan benda-benda yang rusak. Lem ini bisa langsung kering dan menempel hanya dalam waktu 10 detik saja. Jadi, kamu bisa langsung dapatkan hasilnya.

Lem super dari Kenmaster ini bisa dipakai untuk merekatkan kayu, keramik, dan benda berbahan plastik. Kamu pun bisa menggunakannya untuk besi dan material logam. Namun, hanya logam tipis saja yang bisa direkatkan dengan lem ini.

6. Devcon Home 2 Ton Epoxy

Merk Devcon memang sangat pas untuk keperluan rumahan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membetulkan perangkat rumahan yang terbuat dari logam. Bukan hanya yang kecil, lem ini pun cukup kuat untuk merekatkan benda-benda berukuran besar.

Lem ini butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengering dan merekatkan material. Setelah itu, kamu sudah bisa langsung menggunakan barang yang dibetulkan kembali. Lem ini terbuat dari campuran minyak dan bensin yang membuat teksturnya sangat bening dan tidak meninggalkan bekas.

7. Lem Perekat Serba Guna Aica-Aibon

Lem Aica-Aibon ini sudah sangat populer di Indonesia. Lem serbaguna ini pun paling sering digunakan untuk proses pembangunan atau renovasi rumah. Pasalnya, lem ini bisa dipakai untuk berbagai macam material.

Bukan hanya itu, lem Aibon juga punya harga yang sangat terjangkau dan cara penggunaannya pun sangat mudah. Lem ini juga sangat tahan air setelah mengering nantinya. Namun, terdapat zat berbahaya yang terkandung dalam lem ini. Kamu sebaiknya tidak menghirupnya terlalu lama.

8. Lem Epoxy Epikol Adhesive

Lem ini bisa dipakai untuk merekatkan kembali perabotan rumah hingga bagian pada kendaraan. Tidak heran jika lem jenis ini cukup banyak dipakai di bengkel motor dan mobil. Lem Epikol bisa menambah bagian kendaraan yang keropos supaya tidak bocor.

Kelebihan lem ini pun dapat mengering secara cepat. Kamu hanya butuh waktu 5 menit untuk mendapatkan hasil yang bagus. Lem ini memiliki dua bagian yang perlu dicampur dulu sebelum digunakan.

 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Hebel untuk Tembok Rumah

 

9. Lem EpoPutty Alteco A+B

Ada satu lagi lem terjangkau yang bisa merekatkan besi. Lem Alteco A+B ini juga memiliki bagian resin dan pengeras yang perlu dicampurkan terlebih dahulu. Nah, lem ini bisa dipakai untuk perlengkapan yang bersentuhan langsung dengan air, loh. Pasalnya, lem ini sangat tahan terhadap air.

Bukan hanya itu, kelebihan lainnya adalah lem Alteco A+B tahan juga terhadap pertumbuhan jamur. Dengan kata lain, lem ini bisa dipakai di kamar mandi yang lembap hingga ruangan terbuka yang terkena cahaya matahari langsung.

10. Lem Belzona 1111

Lem ini paling sering dipakai untuk keperluan proyek besar. Hal ini disebabkan lantaran harganya yang sangat tinggi. Harganya pun sebanding lurus dengan kualitasnya. Kamu bisa merekatkan logam dan besi dengan daya tahan yang sangat lama.

Hasil rekatannya pun bisa tahan terhadap korosi dan erosi akibat air. Bukan hanya logam, kamu pun bisa menggunakannya untuk material kayu dan kaca yang ada di luar rumah.

Tips Menggunakan Lem Besi Terkuat

Tips menggunakan lem besi terkuat
Tips menggunakan lem besi terkuat (Foto: 123rf)

 

Menggunakan lem besi mungkin sedikit berbeda dengan lem biasa. Pasalnya, ada sejumlah merk yang menyediakan lem dalam dua bagian, yaitu resin dan pengeras. Berikut beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan lem besi:

1. Bersihkan material besi

Kamu harus memastikan tidak ada sisa lem pada bagian besi yang ingin direkatkan. Selain itu, bagian yang mau direkatkan pun harus halus.

 

 

2. Campur resin dan pengeras

Pastikan pencampuran resin dan pengeras ada dalam rasio yang sama. Dengan begitu, daya rekat pun akan lebih sempurna.

3. Oleskan secara merata

Untuk dapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu mengoleskan lem secara merata pada bagian besi. Pastikan kamu menjangkau hingga ke sudut besi supaya tidak ada rongga setelah direkatkan nanti.

4. Diamkan sampai benar-benar kering

Besi yang sudah direkatkan pun perlu didiamkan beberapa saat sampai lem benar-benar kering. Sebenarnya beberapa merk lem bisa mengering dalam hitungan menit. Namun, ada baiknya kamu menunggunya lebih lama lagi.

 

Baca juga: Fungsi, Cara Pakai, dan Rekomendasi Lem Kayu Terbaik di Pasaran

 

Nah, itu dia pilihan merk lem besi terkuat yang bisa kamu dapatkan sekarang. Kamu pun bisa ikut ambil bagian untuk berjualan atau menjadi distributor lem besi terbaik sekarang. Manfaatkan aplikasi BukaBangunan untuk dapatkan stok lem besi dari berbagai merk dan jika kamu adalah pengusaha bahan material kamu bisa menjadi distributor bahan bangunan untuk dapatkan stok bahan material terbaik dan menguntungkan.

BukaBangunan memberikan layanan pemasan dan pengiriman yang cepat supaya memudahkan kamu untuk bisa langsung berjualan. Ada juga promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman ke banyak lokasi. Dengan begitu, kamu bisa langsung jualan dan raih banyak keuntungan

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Rekomendasi Lem Besi Terkuat untuk Menyambung Logam

Rekomendasi Lem Besi Terkuat untuk Menyambung Logam

15 September 2022

 Lem Kayu Terbaik di Pasaran ini Fungsi, Cara Pakai, dan Rekomendasi nya!

Lem Kayu Terbaik di Pasaran ini Fungsi, Cara Pakai, dan Rekomendasi nya!

15 September 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it