Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

10 Jenis Kayu untuk Bangunan yang Terkenal Kuat dan Tahan Lama

Ardito Wahyu Octian
Bahan bangunan berupa kayu terkenal fleksibel dan serbaguna (Foto: 123rf)
Bahan bangunan berupa kayu terkenal fleksibel dan serbaguna (Foto: 123rf)

Saat ini, bahan material pembuatan bangunan lebih dominan menggunakan bata merah atau bata putih. Akan tetapi, penggunaan kayu untuk bangunan masih tetap dipakai karena lebih fleksibel dan juga serbaguna. Apalagi penggunaan bangunan kayu juga memberikan estetika tersendiri pada pemilik rumah.

Penggunaan kayu sebagai bahan bangunan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Di zaman sekarang, kayu untuk bangunan masih dipakai dalam berbagai kegunaan, contohnya dekorasi rumah, rumah makan atau kafe, industri furniture, dan masih banyak lagi.

 

 

Daftar Jenis Kayu untuk Bangunan yang Kuat dan Tahan Lama

Inilah jenis kayu yang kuat dan tahan lama (Foto: 123rf)
Inilah jenis kayu yang kuat dan tahan lama (Foto: 123rf)

 

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua kayu bisa dijadikan bangunan. Sebab, pemilihan kayu untuk bangunan harus kuat dan juga tahan lama selama bertahun-tahun. Beberapa jenis kayu untuk bangunan yang memenuhi kriteria tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Kayu jati

Jenis kayu untuk bangunan pertama yang paling sering dipakai adalah kayu jati. Hampir semua orang tentunya sudah tahu bagaimana kualitas dari kayu jati. Selain dipakai untuk pembuatan lemari, meja, dan kursi, kayu jati juga bisa digunakan untuk bahan material bangunan.

Kayu jati sendiri merupakan kayu untuk bangunan yang dikenal kuat, kokoh, tahan lama, tahan pada rayap, jamur, dan berbagai serangga lainnya. Selain itu, kayu jati juga termasuk jenis kayu keras untuk sebuah bangunan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika kayu jati juga sering dipakai pada pembangunan rumah, masjid, dan juga gedung.

 

Baca juga: Jenis dan Ukuran Gypsum Terlengkap yang Laris di Pasaran

 

2. Kayu merbau

Berikutnya ada kayu merbau yang juga termasuk ke dalam jenis kayu untuk bangunan. Kayu merbau memiliki tekstur yang sangat kuat dan tidak mudah lapuk. Bahkan, kayu merbau juga sering dijadikan pengganti kayu jati karena memiliki kelebihan yang hampir sama.

Kayu merbau memiliki warna yang dominan kuning kecokelatan sampai cokelat kemerahan. Karena warnanya juga hampir mirip dengan kayu jati, maka kayu merbau juga bisa menjadi alternatif lainnya. Kayu merbau pun termasuk ke dalam jenis pohon hutan tropis dan kamu bisa dapatkan di Papua, Kalimantan, dan juga Sulawesi.

Selain itu, kayu merbau juga termasuk ke dalam kayu kelas awet I, II, dan kelas kuat I, II. Pada dunia konstruksi bangunan, kayu merbau pun sangat cocok untuk dijadikan tiang penyangga atau bisa juga digunakan sebagai kerangka atap rumah.

3. Kayu kamper

Kayu kamper merupakan salah satu jenis kayu bangunan lainnya yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk beberapa orang, jenis kayu satu ini juga kerap disebut kayu borneo. Kayu kamper sendiri memiliki serat dan juga tekstur yang indah sehingga sering dipakai untuk furniture, dekorasi rumah, kusen pintu, dan juga jendela.

Pada dasarnya, kayu kamper masih ada di bawah kualitas kayu jati. Akan tetapi, kayu ini termasuk kuat untuk bangunan dan tidak disukai oleh rayap atau serangga lainnya. Secara umum, kayu kamper dibagi menjadi tiga kategori, yakni kayu kamper Samarinda, kayu kamper Surabaya, dan kayu kamper Kruing yang berasal dari Sumatera.

 

Baca Juga: 10 Jenis Besi Konstruksi yang Sering Dipakai pada Proyek Bangunan

 

4. Kayu meranti merah

Berikutnya ada kayu meranti merah. Perlu kamu ketahui bahwa kayu meranti merah juga termasuk jenis kayu yang keras dan kuat. Untuk warnanya sendiri yaitu dominan merah tua hingga merah muda yang pucat. Kamu bisa temukan kayu meranti merah di hutan sekitar Pulau Kalimantan.

Pada dasarnya, kayu meranti merah memiliki tekstur yang tidak terlalu halus. Bahkan, jenis kayu satu ini sering dipakai untuk membuat multiplek. Secara umum, kayu meranti merah dibagi menjadi dua jenis, yakni merah muda dan merah tua.

Kayu meranti merah sangat bagus untuk material bangunan pada bagian interior. Di dalam dunia konstruksi, kayu meranti merah juga dapat digunakan untuk rangka atap, parket lantai, railing tangga, kusen pintu atau jendela, dan juga alas lantai rumah.

5. Kayu gaharu

Mungkin sebagian orang belum kenal dengan kayu gaharu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kayu gaharu adalah salah satu kayu termahal di dunia dan juga masuk ke dalam kayu terbaik di Indonesia. Pohon gaharu sendiri tumbuh besar di Pulau Jawa dan juga Kalimantan. Akan tetapi, keberadaan kayu gaharu ini sudah jarang dan juga langka.

Meskipun begitu, beberapa daerah di Indonesia sudah membudidayakan pohon gaharu karena harganya sangat tinggi. Hal itu dikarenakan kayu gaharu memiliki ketahanan sangat tinggi, kuat, kokoh, awet, dan juga tahan lama. Di dalam konstruksi, kayu gaharu juga sangat cocok untuk pembangunan kerangka rumah, rangka atap, pintu, furniture, dan bangunan lainnya.

 

Baca juga: Jenis dan Ukuran Gypsum Terlengkap yang Laris di Pasaran

 

6. Kayu ulin

Kayu ulin adalah jenis kayu yang tahan lama (Foto: 123rf)
Kayu ulin adalah jenis kayu yang tahan lama (Foto: 123rf)

 

Kayu ulin juga merupakan salah satu jenis kayu untuk bangunan. Pohon kayu ulin tumbuh subur di Pulau Kalimantan dan tingginya bisa mencapai 50 meter dengan diameter hingga 120 sentimeter. Ditambah lagi, pohon ini bisa tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Tidak jauh berbeda dengan poin di atas, kayu ulin juga terkenal sangat awet dan juga kuat sehingga cocok sebagai bahan bangunan. Dari segi warna, kayu ulin cenderung gelap dan memiliki keunggulan tahan terhadap air laut. Pada konstruksi, kayu ulin sering dipakai untuk tiang panca, atap kayu, lantai papan, rangka pintu, dan juga jendela.

 

Baca Juga: 10 Jenis Keramik yang Umum Dipakai pada Rumah dan Bangunan Lainnya

 

7. Kayu gelam

Jika dibandingkan dengan jenis kayu di poin sebelumnya, nama kayu gelam mungkin tidak populer. Meskipun begitu, kayu gelam termasuk bagus untuk digunakan dalam konstruksi bangunan. Kayu ini sering disebut sebagai kayu galam dan banyak ditemukan pada daerah rawa-rawa seperti Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Untuk konstruksi bangunan, kayu gelam banyak digunakan untuk pengerjaan pondasi tanah rawa. Sebab, jenis kayu ini memiliki kekuatan yang stabil dan tahan di daerah rawa-rawa. Selain itu, kayu gelam juga sering dipakai untuk pengerjaan pagar, tiang-tiang sementara, dan steger atau perancah saat pengerjaan proyek.

8. Kayu bengkirai

Butuh jenis kayu untuk bangunan yang awet, kuat, dan tahan terhadap berbagai cuaca? Kayu bengkirai bisa menjadi jawabannya. Kayu bengkirai merupakan material bangunan yang sering dipakai untuk konstruksi berat. Contohnya seperti atap kayu, list plank, decking, pagar rumah, dan sebagainya. Pohon bengkirai sendiri sering ditemukan pada hutan tropis Pulau Kalimantan. Oleh sebab itu, beberapa orang menyebut kayu ini sebagai kayu Kalimantan.

 

 

9. Kayu kelapa

Tanpa kita sadari ternyata kayu kelapa juga bisa digunakan sebagai jenis kayu untuk bangunan. Meskipun begitu, bagian yang digunakan sebagai bahan bangunan adalah pohon kelapa yang sudah tua. Jika menggunakan pohon kelapa muda masih tidak kuat dan mudah patah.

Batang kelapa yang bagus untuk bangunan adalah pohon yang berumur 60 tahun atau lebih. Akan tetapi, kamu harus teliti dalam memilih kayu kelapa sebagai bahan bangunan. Sebab, ada beberapa jenis pohon kelapa yang kualitasnya kurang bagus untuk konstruksi. Oleh sebab itu, pilihlah kayu kelapa masuk kelas nomor 1.

10. Kayu sengon

Jenis kayu untuk bangunan terakhir yang bisa kamu pertimbangkan adalah kayu sengon. Penggunaan kayu sengon untuk konstruksi bangunan sudah banyak dan menjadi pilihan banyak konsumen. Kayu sengon termasuk jenis kayu yang bagus untuk bangunan karena kuat, ringan, dan tahan terhadap serangan serangga atau rayap. Untuk konstruksi, kayu sengon sering digunakan untuk kuda-kuda rumah, usuk, dan reng. Oleh sebab itu, kayu sengon ini sangat kuat dan juga ringan sebagai material bangunan.

 

Baca Juga: 9 Jenis Semen, Karakteristik, dan Fungsinya untuk Konstruksi

 

Nah, itulah 10 jenis kayu untuk bangunan yang terkenal kuat dan tahan lama. Kira-kira kamu akan memilih jenis kayu mana saat membuat bangunan?

Membeli barang-barang untuk konstruksi bangunan juga semakin mudah. Kini ada BukaBangunan yang menyediakan bahan-bahan bangunan terlengkap dan jika kamu adalah pengusaha yang ingin menjual bahan material, kamu bisa gabung Bukabangunan dan memulai usaha toko bangunan yang pasti menguntungkan. Menemukan jenis kayu terbaik yang kuat dan tahan lama untuk bangunan pun jadi lebih cepat dan juga praktis!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Harga Kayu Usuk Beserta Daftar Jenis-jenis nya Terbaru 2023

Harga Kayu Usuk Beserta Daftar Jenis-jenis nya Terbaru 2023

6 April 2023

Kayu Balok: Fungsi, Kegunaan, dan Harganya

Kayu Balok: Fungsi, Kegunaan, dan Harganya

6 April 2023

Cara Ampuh Membasmi Rayap Kayu yang Muncul di Rumah

Cara Ampuh Membasmi Rayap Kayu yang Muncul di Rumah

30 September 2022

10 Jenis Kayu untuk Bangunan yang Terkenal Kuat dan Tahan Lama

10 Jenis Kayu untuk Bangunan yang Terkenal Kuat dan Tahan Lama

27 September 2022

Info Harga Mesin Trimmer Kayu Terbaik di BukaBangunan

Info Harga Mesin Trimmer Kayu Terbaik di BukaBangunan

25 Maret 2023

 Mesin Serut Kayu Terbaik dan Cara Tepat Memilihnya

Mesin Serut Kayu Terbaik dan Cara Tepat Memilihnya

24 Maret 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it