Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

15 Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Bagus, Cerah, dan Hangat

Ardito Wahyu Octian
Warna cat dapat memberikan nuansa yang berbeda pada setiap ruangan rumah (Foto: 123rf)
Warna cat dapat memberikan nuansa yang berbeda pada setiap ruangan rumah (Foto: 123rf)

Tren warna cat rumah sudah banyak berkembang. Jika dulu kamu menemukan banyak dinding berwarna putih di dalam rumah, sekarang warna yang digunakan sudah makin berani. Rekomendasi warna cat rumah yang bisa dipakai sudah beralih ke biru, kuning, hijau, hingga oranye.

Warna cat rumah tentu akan memberikan nuansa berbeda dalam setiap ruangan. Memilih warna yang tepat tentunya akan membuat kamu dan anggota keluarga lebih kerasan berada di dalam rumah. 

 

 

Tips Memilih Warna Cat Rumah yang Tepat

Ada beberapa tips memilih warna cat rumah yang tepat
Ada beberapa tips memilih warna cat rumah yang tepat (Foto: 123rf)

 

Sebelum memilih warna yang akan diaplikasikan, ketahui dulu beberapa hal dalam menentukan warna cat rumah. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan warna yang tepat untuk interior rumah!

1. Pilih warna yang menggambarkan kerpibadian

Sebagus apa pun pilihan warna akan terasa biasa saja jika memang warna tersebut bukan favorit kamu. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan warna favorit yang menggambarkan kepribadianmu dan anggota keluarga yang menempati rumah tersebut. Setelah itu, kamu tinggal menyesuaikannya dengan palet warna yang tepat.

2. Buat perpaduan gelap ke terang secara vertikal

PIlihan warna yang tepat adalah memadukan palet warna terang dan gelap. Perpaduan ini harus dilihat secara vertikal, yaitu dari atas ke bawah. Warna gelap harus dimulai dari bawah dan temukan perubahan warna terang di bagian atas.

3. Pakai aturan 60—30—10

Dalam memilih cat rumah, kamu bisa pakai konsep 60—30—10 untuk perpaduan warnanya. Warna dominan dipakai untuk dinding, yaitu 60 persen. Seluas 30 persen warna dipakai untuk warna furnitur rumah, seperti meja, sofa, dan lemari. Warna yang paling sedikit hanya untuk aksen di bagian dinding atau sambungan langit-langit ruangan.

4. Tidak lebih dari tiga warna

Ada aturan tidak tertulis yang mengharuskan tidak menggunakan lebih dari tiga warna dalam satu ruangan. Tiga warna merupakan batas maksimal dalam membuat nuansa yang diinginkan dalam rumah. Pasalnya, warna yang terlalu banyak hanya akan membuat ruangan tampak berantakan dan terkesan sumpek.

5. Buat nuansa berbeda untuk setiap ruangan

Ruangan pribadi harus punya kesan berbeda dibandingkan dengan ruangan yang bisa dimasuki oleh semua orang. Tentu kamu harus mulai dengan kamar tidur dalam penentuan warnanya. Cat warna dinding kamar tidur harus lebih terang atau lebih gelap. Selanjutnya beralih ke ruang makan dan kemudian ruangan lainnnya.

Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Bagus

Memilih cat rumah wajib jadi pertimbangan saat akan mengubah dekorasi atau melakukan renovasi besar. Berikut sederet perpaduan warna bagus yang bisa kamu coba!

1. Warna cat rumah biru pastel

Cat rumah biru pastel memberikan nuansa hangat
Cat rumah biru pastel memberikan nuansa hangat (Foto: 123rf)

 

Kamu yang belum mau mencoba keluar dari warna putih yang netral bisa mencoba warna biru pastel. Warna ini masih mirip dengan putih yang sedikit gelap. Nuansa yang dibawa dalam ruangan tetaplah lembut, kalem, dan netral. Warna biru pastel cocok diaplikasikan di ruang tengah dan kamar tidur.

2. Warna cat rumah coffee brown

Warna cokelat sangat dekat dengan unsur alam. Namun, pilihan warna ini bukanlah cokelat kayu, melainkan cokelat kopi. Biarpun begitu, warna coffee brown tetap bisa disandingkan dengan furnitur kayu, loh. Kamu bisa tetapkan warna ini pada ruang tengah atau ruang tamu.

3. Warna cat rumah kuning

Kuning merupakan salah satu warna yang menggambarkan keceriaan. Kamu pun bisa menemukan rasa yang optimis dari dinding berwarna kuning. Hal ini membuat warna kuning sangat cocok diaplikasikan di ruang bermain anak, tempat berkumpul keluarga, hingga kamar tidur.

4. Warna cat rumah merah hati

Tidak ada salahnya mencoba warna merah hati untuk beberapa ruangan di rumah kamu. Warna merah hati ini memberikan energi sehingga mampu membangun suasana menjadi lebih hidup. Di sisi lain, warna merah hati dalam kamar juga membangkitkan gairah yang dicari oleh pasangan suami istri.

5. Warna cat rumah merah marun

Kalau merah hati terlalu ngejreng, kamu bisa beralih ke merah marun. Nuansa yang dibawa oleh warna ini tidak jauh berbeda dibanding varian merah lainnya. Malahan, ada kehangatan yang bisa didapatkan dari warna merah yang sedikit gelap ini. Tidak heran jika warna ini sering dipakai untuk ruang makan dan ruang tengah tempat berkumpulnya anggota keluarga.

6. Warna cat rumah shades of pink

Pink merupakan warna yang mengedepankan kelembutan dan kasih sayang. Namun, kamu bisa mendapatkan kehangatan berbeda saat memilih shades of pink yang lebih kalem. Warna cat ini bisa dipakai untuk kamar tidur hingga lorong rumah.

7. Warna cat rumah lavender

Lavender sangat identik dengan ungu yang lembut. Warna ini pun memberikan ketenangan untuk anggota keluarga yang berada di dalamnya. Namun, warna ini hanya cocok dipakai di ruangan pribadi, seperti kamar tidur atau ruang kerja.

8. Warna cat rumah hijau mint

Cat rumah hijau mint membuat ruangan menjadi nyaman
Cat rumah hijau mint membuat ruangan menjadi nyaman (foto: 123rf)

 

Hijau juga selalu diidentikkan dengan alam dan kesejukan. Hal ini membuat rumah dengan cat hijau mint selalu punya kenyamanan saat berada di dalamnya. Warna yang satu ini pun membuat ruangan tidak tampak sesak biarpun ada banyak perabotan di dalamnya, loh.

9. Warna cat rumah navy blue

Secara psikologis, warna biru dongker mencerminkan sesuatu yang stabil, tenang, dan produktif. Hal ini yang membuat warna ini banyak dipilih untuk ruangan meeting dan kerja. Untuk rumah, kamu pun bisa mengaplikasikan warna navy blue di ruang tengah supaya ada nuansa berbeda sata berada di sana.

10. Warna cat rumah peach

Peach atau buah persik memiliki perpaduan warna yang unik. Kamu akan menemukan perpaduan oranye dan pink dalam satuan warna yang lembut. Kelembutan ini yang bisa kamu bawa ke dalam kamar tidur dan ruang tengah di rumah.

11. Warna cat rumah ivory

Warna ivory atau gading merupakan perpaduan antara putih dan cokelat muda. Perpaduan ini sering dijumpai dalam kosmetik untuk membangun warna natural pada wajah dan kulit. Nah, kamu juga bisa mengaplikasikannya di dinding rumah. Warna cat rumah ini pun bisa dipakai hampir di setiap ruangan dan kamu bisa mencampurkannya dengan banyak jenis berabotan rumah tangga.

 

 

12. Warna cat rumah clay

Clay (tanah liat) punya warna alami yang cocok sebagai hiasan. Warna ini pun bisa kamu gunakan untuk dinding rumah. Malahan, jenis warna clay masih terbilang cukup netral untuk disandingkan dengan banyak warna lainnya. Jenis cat ini bisa diaplikasikan di ruang tengah hingga dapur untuk ciptakan warna yang santai dan lembut.

13. Warna cat rumah beige

Cat rumah beige membuat ruangan sederhana dan terlihat bersih
Cat rumah beige membuat ruangan sederhana dan terlihat bersih (Foto: 123rf)

 

Sejumlah apartemen dan hotel paling sering menggunakan jenis warna ini di dalamnya. Warna netral ini memang mengedepankan kesederhanaan, kenyamanan, dan kehangatan. Tidak heran jika warna beige selalu identik dengan ruang istirahat. Kamu bisa lebih nyaman memasuki ruangan ini setelah selesai beraktivitas seharian.

14. Warna cat rumah hazelnut

Para pecinta warna gelap mungkin bisa memilih warna hazelnut untuk beberapa titik di rumah. Ada nuansa minimalis dan klasik yang dibawa oleh warna cokelat kacang ini. Kamu pun bisa menciptakan suasana yang tenang saat berad adi dalamnya. Terapkan warna hazelnut pada dinding ruang keluarga untuk ciptakan damai.

15. Warna cat rumah very peri

Ingin mencoba warna yang sedikit berbeda? Coba cat rumah very peri. Ini adalah perpaduan warna merah dan ungu yang cantik. Ruangan pun akan terkesan lebih dinamis dan elegan. Sangat cocok untuk ruangan yang dipakai untuk berkumpul bersama keluarga dan teman.

Itu dia deretan warna cat rumah yang bisa dipakai di tempat tinggalmu sekarang. Mencoba warna cat baru mungkin akan membawa kesegaran dan warna yang berbeda di rumah. Bisa jadi kamu pun bisa menemukan kebahagiaan yang baru setelahnya.

Nah, untuk mendapatkan pilihan cat yang tepat, kamu bisa membelinya dari BukaBangunan dan kamu juga bisa gabung Bukabangunan dengan menjadi distributor bahan bangunan untuk kebutuhan jualan material mu lebih untung. Temukan berbagai material untuk bangunan dengan lengkap di sana. Belanja material untuk keperluan rumah pun bisa semudah belanja keperluan sehari-hari

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Musim Hujan Tiba, Lindungi Rumahmu dengan Cat Waterproof Terbaik

Musim Hujan Tiba, Lindungi Rumahmu dengan Cat Waterproof Terbaik

31 Desember 2022

Inspirasi 15 Warna Cat Bagian Luar Rumah yang Elegan

Inspirasi 15 Warna Cat Bagian Luar Rumah yang Elegan

29 Desember 2022

10 Rekomendasi Merk Cat Terbaik dan Tahan Lama

10 Rekomendasi Merk Cat Terbaik dan Tahan Lama

15 September 2022

 Harga Mesin Bobok dan Hal-hal Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

Harga Mesin Bobok dan Hal-hal Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

24 Maret 2023

 Mesin Mixer Pengaduk Cat Terbaik dan Tips Menjualnya

Mesin Mixer Pengaduk Cat Terbaik dan Tips Menjualnya

24 Maret 2023

Jangan Sampai Tekor! Ini Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Benar

Jangan Sampai Tekor! Ini Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Benar

9 Februari 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it